Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Car Branding

08 Feb 2019 Article

 
 
Karakteristik Car Branding:
 
Ukuran:
 
Bahan:
 
Harga:
 
Apa itu car branding?
Car branding adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan segala hal yang ada di kendaraan Anda yang mempromosikan bisnis yang Anda miliki, termasuk di dalamnya stiker di sisi kendaraan hingga vehicle wrap penuh.
Salah satu tujuan perusahaan adalah untuk mendapatkan bisnis baru atau memperkenalkan produk Anda. Ini biasanya dicapai melalui berbagai bentuk iklan. Beberapa dari Anda membaca tulisan ini tidak diragukan lagi mengetahui beberapa iklan tradisional dan mungkin familier dengan media digital juga. Namun, mempromosikan hal ini kepada publik menggunakan metode tradisional bisa sulit jika Anda tidak memiliki anggaran yang sesuai.
Inilah masa ketika Anda membutuhkan car branding. Bentuk iklan yang relatif murah ini bisa membantuk brand atau merek Anda untuk stabil di pasar.
 
Seberapa sering kita berada di mobil?
Seberapa sering Anda berada di mobil? Mungkin lebih lama daripada yang Anda perkirakan. Jika tak pergi bekerja, Anda akan menggunakan mobil untuk pergi berbelanja. Ketika Anda tidak mengendarainya, Anda dikelilingi oleh mobil baik di jalanan atau lahan parkir. Mobil telah menjadi bagian dari hidup Anda, jadi kenapa tidak memaksimalkan fakta ini dan membuat bisnis Anda lebih terlihat ke publik? Car branding bisa membuat branding yang bergerak.



 
Efektivitas car branding
Car branding atau bisa juga disebut vehicle signage merupakan bagian dari outdoor media atau iklan di luar ruangan. Selain car branding, hal lain yang termasuk outdoor media adalah billboard dan iklan bus. Outdoor media adalah salah satu channel efektif untuk mendapatkan exposure dengan jangkauan yang besar.
Ini berarti Anda bisa mendapatkan ribuan impresi per hari, dan hanya dari 1 mobil saja.
 
Lalu apa keuntungan car branding?
Anda harus melihat car branding sebagai investasi alih-alih biaya. Seperti yang telah diketahui, nilai kendaraan semakin hari semakin berkurang, itulah kenapa dengan menempatkan iklan di kendaraan, Anda bisa mendapatkan 'untung' dari biaya Anda membeli kendaraan.
Coba pikirkan bagaimana Anda membayar media lain seperti koran yang mungkin perlu biaya yang berkelanjutan. Sementara car branding hanya membutuhkan satu biaya di depan saja dan Anda bisa mendapatkan manfaatnya dalam beberapa waktu ke depan. Inilah yang dinamakan biaya yang efektif karena mampu memberikan manfaat dalam periode waktu yang lama.
Jika vehicle wrapping bukan sesuatu yang Anda inginkan, Anda tetap bisa melakukan car branding dengan sticker kecil di beberapa bagian kendaraan Anda.



 
Mempromosikan brand awareness
Vehicle signage adalah hal yang baik. Kemanapun Anda pergi, Anda bisa mempromosikan brand Anda. Bahkan jika kendaraan Anda tidak bergerak, brand Anda tetap terlihat oleh publik.
Karena vehicle signage memberikan impresi dengan jumlah banyak, semakin besar kemungkinan orang-orang untuk mencoba produk dari brand Anda.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak orang lebih memilih berasosiasi dengan perusahaan yang sudah familier. Semakin sering mereka melihat perusahaan Anda branding dan mengetahui apa yang perusahaan Anda tawarkan, maka semakin besar juga kemungkinan mereka akan memilih Anda ketika menginginkan jasa atau produk yang Anda tawarkan.
 
Vehicle Wrapping
Sebagai bagian dari car branding, vehicle wrap kerap menjadi pilihan favorit bagi para pelaku bisnis. Untuk memudahkan Anda memilih tipe vehicle wrap yang tepat, berikut beberapa di antaranya:
 
Full vehicle wraps
Jika Anda ingin membuat kehadiran dan dampak yang besar, full vehicle wraps bisa Anda pilih. Seperti namanya, full vehicle wraps akan membungkus segala bagian dari kendaraan Anda kecuali beberapa area terlarang seperti spion dan kaca depan. Jika Anda membungkus kendaraan Anda untuk keperluan industri periklanan, sangat umum untuk mempunyai full vehicle wrap sehingga brand yang diiklankan bisa mendapatkan iklan terbesar yang ada. Bahkan jika Anda mempromosikan perusahaan Anda sendiri, sangat logis untuk menggunakan seluruh ruang di mobil demi kebutuhan beriklan. Anda bisa memesan desain apa pun yang anda inginkan, bisa merupakan logo brand Anda, iklan dalam ukuran besar atau bahkan wajah CEO perusahaan Anda, mana pun yang bisa menyampaikan pesan.



 
Partial vehicle wraps
Jika Anda menyukai keuntungan yang diberikan oleh full vehicle wrap tapi Anda tidak ingin mengeluarkan biaya penuh, maka partial vehicle wraps bisa menjadi pilihan yang tepat. Perbedaan yang paling mencolok adalah partial wraps atau half wraps tidak akan menutup seluruh kendaraan tapi hanya beberapa sisi saja, atau bahkan satu grafis saja ditempatkan di lokasi strategis kendaraan. Partial vehicle wraps tersedia dalam materi dengan kualitas terbaik dan resolusi yang tinggi. Partial vehicle wraps juga menarik perhatian sama besarnya dengan full wraps dengan biaya yang lebih murah dan konsep serta instalasi yang lebih cepat. Materi ini juga bisa diaplikasika ke berbagai kendaraan, seperti perahu, mobil dan truk.
 
Custom truck wraps
Truk membutuhkan custom vinyl letteri dan custom graphics lebih sering daripada mobil yang standar karena kedua hal ini mewakili perusahaan dan kendaraan yang mereka bawa. Dengan panel yang besar dan ribuan jam di jalanan tiap tahunnya, truk harus memaksimalkan kanvas kosong untuk mempromosikan brand perusahaan Anda atau bisa juga berguna sebagai billboard untuk iklan yang spesifik. Beberapa truk menjadi billboard iklan yang bergerak setiap hari untuk mendapatkan hal yang maksimal. Ketika mengaplikasikan grafis vinyl custom ke truk, sangat penting untuk memerhatikan detil kecil di trailer atau bagian rig yang bisa memengaruhi grafis. Jenis truk pikap, truk kecil komersial dan truk beroda 18 tidak masalah untuk custom wrapping.
 
Food truck vehicle wraps
Wabah wrapping truk makanan sudah semakin ramai, seiring dengan bisnis kuliner yang terus bermunculan. Dengan semakin meningkatnya kompetisi bisnis kuliner, truk Anda harus tampil berbeda dengan menyertakan vehicle wrap yang berkesan dan menarik perhatian, sehingga konsumen bisa dengan cepat mengenali truk makanan Anda baik di festival maupun di jalan. Umumnya, pengusaha truk makanan akan memilih vehicle wraps penuh, namun jika Anda ingi menghemat uang, Anda bisa memilih panel dua sisi dan panel belakang sebagai bagian dari semi-partial wraps.
 
RV wraps dan decals
Apakah RV Anda membutuhkan cat baru? Bagaimana jika mengeluarkan uang hanya setengah untuk RV wrap namun memiliki hasil yang serupa? Beberapa pemilik RV sangat bangga kepada RV milik mereka dan tampilannya, namun setelah beberapa tahun warna dan cat perlahan akan pudar. Dengan memperbaharui tampilan dengan RV wrap akan membuat kendaraan Anda seperti baru. Beberapa RV memiliki lapisan cat solid sebagai dasar, jadi Anda bisa menambahkan garis atau grafis menarik di kedua sisinya dengan decal. Vinyl decals dan wraps bisa di-custom untuk menyesuaikan dengan decals dari desain originalnya. RV Anda akan telihat baru seperti sediakala.
 
Car advertising wraps and graphics
Walaupun masih terkesan sebagai ide yang baru, banyak perusahaan berbondong-bondong mengikuti tren vehicle-advertising. Mungkin beberapa orang biasa menganggapnya aneh , namun dari segi bisnis, iklan yang ada dan dampak yang dihasilkannya tentunya sepadan dengan uang yang dikeluarkan. Pikirkan tentang beberapa brand yang menggunakan vehicle wrapping sebagai bagian dari materi promosi mereka dan bagaimana kendaraan mereka mudah dikenali dari beberapa meter jauhnya.

TAGS : digital printing fun facts tips sticker

Recent Articles
Stiker SandblastSolusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

Mannequin Stage

04 Mar 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

27 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

02 Feb 2024

Mengenal Neon Box

15 Jan 2024

02 Jan 2024

Mengenal Stiker Vinyl

Sebelum kamu mencetak stiker custom, yuk, kenali karakteristik bahan vinyl lebih dalam!

14 Dec 2023

Strategi pemasaran dengan POSM

05 Dec 2023

Manfaat Branding Gedung

Branding pada sebuah gedung dapat menciptakan elemen visual yang lebih menonjol di antara bangunan sekitarnya

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below