Cara Membuat Acrylic Calendar

Dengan sifatnya yang serbaguna, acrylic kerap digunakan di dunia profesional maupun untuk kebutuhan personal. Untuk yang terakhir, acrylic bisa digunakan sebagai materi dasar untuk kalender. Lalu apa saja hal yang Anda butuhkan?


Source: A Beautiful Mess
Quickprint Blog: Contoh Acrylic Calendar


Persediaan

Source: A Beautiful Mess
Quickprint Blog: Hal yang Perlu Dipersiapkan

  • 36" x 30" lembar acrylic

  • 2-3/4" paku brass

  • (4) 1/2" ring

  • (4) 1/2" coupling tembaga

  • Cat semprot berwarna emas

  • Vinyl hitam

  • Pemotong vinyl

  • Bor dan mata bor (1/4", 1/8" dan mata bor hex-drive)


Source: A Beautiful Mess
Quickprint Blog: Lubangi Acrylic

Tahap pertama: semprot tinta ke bagian yang ingin Anda bor. Biarkan mengering sambil Anda mengerjakan bagian lainnya.


Tahap kedua: gunakan bor dan lubangi acrylic Anda dari belakang dengan papan kayu sebagai penopang untuk mencegah keretakan. Lubangi acrylic yang sebelumnya ditandai dengan tinta semprot 1" dari pinggir. Lubang ini akan digunakan sebagai mounting untuk kalender.


Tahapan ketiga: Potong dan tempel templat kalender vinyl yang telah disiapkan. Jika Anda memiliki akses untuk menggunakan mesin vinyl cutter, Anda bisa memaksimalkan perangkat lunak yang ada dan gunakan vinyl cutter milik Anda.


Source: A Beautiful Mess
Quickprint Blog: Contoh Mur untuk Mounting

Tahapan keempat: Pasang kalender baru Anda. Gunakan mata bor yang lebih kecil yaitu 1/8". Siapkan lubang di dinding. Masukan mur Anda pada lubang di acrylic hingga sampai ke lubang yang ada di dinding. Lakukan sampai semua sudut acrylic menempel di dinding.


Sesudah kalender terpasang di dinding, Anda mulai bisa menulis jadwal atau bereksperimen denga membuat doodle atau spidol warna. Selain digunakan seorang diri, Anda juga bisa memberikan kalender acrylic ini sebagai hadiah.


DIY acrylic calender ini bisa Anda lakukan seorang diri karena tahapan yang simpel dan untuk penggunaan pribadi. Namun, jika Anda membutuhkan acrylic untuk kebutuhan profesional, Anda tetap harus menghubungi jasa pembuatan acrylic yang berpengalaman seperti Quickprint Indonesia yang akan mewujudkan acrylic display impian Anda.

122 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua