Cara Menghindari Suban Ketika Memotong Plywood

Plywood sangat menarik. Murah, mudah dikerjakan dan jika digunakan dengan benar, akan terlihat bagus. Tapi, plywood juga terkadang membuat sakit kepala, terutama tearout: tepi bergerigi dan kasar yang dihasilkan dari pemotongan plywood. Selain terlihat tidak bagus, tearout juga membuat frustasi. Setiap tukang kayu yang bekerja langsung pasti pernah mengalami kesengsaraaan seperti suban akibat tearout, yang justru bisa merusak proyek berkualitas terbaik.


Source: Man Made DIY
Quickprint Blog: Contoh Tearout

Entah Anda membangun sebuah proyek toko yang simpel, kabinet dapur custom, atau materi promosi, Anda bisa menghindari tearout dengan berbagai tips berikut.


Source: Man Made DIY
Quickprint Blog: Gergaji Bulat

Cara pertama: pilih pisau dan sisi yang benar

Tentu saja, Anda menginginkan mata pisau yang tajam sehingga bisa memotong plywood. Mata pisau ini cenderung memiliki gigi per inci lebih banyak dan sudut miring yang tinggi sehingga bisa menebus plywood. Untuk hasil yang maksimal, gunakan gergaji bulat yang bisa Anda pilih di berbagai toko dengan harga kisaran Rp 200ribu, dan bisa membuat potongan yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda ingin memotong kayu dengan mata pisau dari sisi yang bagus. Jika Anda menggunakan gergaji bulat, ini berarti sisi yang bagus menghadap ke bawah, sementara gergaji biasa, sisi bagus menghadap ke atas.


Source: Man Made DIY
Quickprint Blog: Membatasi Zona Aman

Cara kedua: Selalu gunakan 0 zona aman

Tidak peduli alat apa yang Anda gunakan, cara terbaik untuk mencegah tearout adalah tidak menyediakan zona aman atau zero-clearance insert. Ini akan menciptakan sedikit mungkin area terbuka di sekitar gergaji untuk mendukung fiber kayu sehingga tidak menciptakan tearout.


Source: Man Made DIY
Quickprint Blog: Selotip Sebagai Penanda

Cara ketiga: Gunakan selotip sebagai penanda

Karena tearout terjadi akibat fiber ditekan ke berbagai arah, maka hal yag bisa Anda lakukan untuk mencegah ini adalah dengan membuatnya tetap pada tempat yang tetap dengan menggunakan selotip sebagai penanda. Persentase keberhasilan metode ini tinggi, sehingga sepadan dengan uang yang Anda keluarkan.


Ketiga cara ini akan berhasil jika Anda tertarik untuk memotong plywood seorang diri, namun jika plywood yang Anda gunakan untuk kebutuhan profesional, Anda membutuhkan jasa digital printing terbaik seperti Quickprint Indonesia. Segera hubungi customer service kami untuk membuat materi promosi dengan bahan dasar plywood.

38 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua