Cutting Sticker

Apa itu cutting sticker?

Secara sederhana, cutting sticker adalah sticker yang dibuat dengan cara memotong atau bisa juga disebut teknik pemotongan bahan sticker dengan desain yang diinginkan menggunakan perangkat mesin cutting sticker dan komputer sebagai alat utama.


Quickprint Blog: Cutting Sticker

Lalu, apa perbedaan cutting sticker dan printing sticker?


Segi desain

Untuk desain, cutting sticker diharuskan dibentuk vector satu garis karena mesin yang digunakan hanya bisa memotong. Sementara untuk printing sticker, semua jenis format dokumen bisa diproses dan satu hal yang perlu anda garisbawahi adalah semakin besar dimensi desain maka semakin bagus juga hasil cetakannya.


Segi harga

Untuk harga, cutting sticker biasanya lebih mahal karena di beberapa tempat, proses cutting sticker menggunakan cara manual. Pekerjaan manual yang dimaksud adalah proses mengelupas bagian sticker yang tidak penting, proses ini membutuhkan kejelian dan ketelitian yang tinggi. Sementara harga printing sticker lebih murah, ini karena proses cetak sticker hanya perlu menunggu sampai proses pencetakan selesai.



Quickprint Blog: Contoh Cutting Sticker

Warna

Untuk warna, cutting sticker terbatas hanya di warna-warna yang solid atau non gradasi, namun Anda bisa juga menyiasatinya dengan teknik puzzle, seperti menggunakan aplikasi CorelTrace. Sementara untuk warna dari printing sticker hampir tidak ada masalah, mulai dari proses warna hingga gradasi warna bisa Anda cetak. Jadi jika Anda menginginkan variasi warna, printing sticker bisa jadi pilihan Anda.

Tapi, ini bukan berarti bahwa cutting sticker tidak memiliki keunggulan. Beberapa keunggulan yang diberikan oleh cutting sticker adalah:


  • Sticker cutting seperti scotlite atau fosfor bisa berpendar dalam kondisi pencahayaan yang minim, sedangkan pada printing sticker tidak ditemukan jenis yang seperti ini.

  • Dibandingkan dengan printing sticker, cutting sticker memiliki kelebihan yaitu lebih tahan lama dan warna yang tidak gampang pudar.

  • Sticker cutting merupakan jenis contour cut yang artinya bentuk dan desain sticker adalah bentuk seutuhnya dari sticker itu sendiri, sehingga lebih fleksibel untuk diaplikasikan ke berbagai media. Sedangkan untuk jenis digital printing sticker, hasil akhir biasanya berupa lembaran berbentuk kotak atau persegi panjang.


Contoh Mesin Cutting

Perbedaan spesifikasi mesin


Mesin cutting sticker

Sesuai dengan namanya, mesin cutting sticker adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk memotong kertas sticker terutama atau jenis kertas lainnya dengan catatan memiliki kontur yang serupa. Selain dikenal dengan nama mesin cutting sticker, mesin ini juga dikenal dengan nama lain seperti cutting plotter, alat potong sticker hingga vinyl cutter.

Mesin cutting sticker sendiri merupakan mesin atau alat yang bisa digunakan untuk memotong bahan sticker seperti HVS, vinyl, scotlite sticker untuk motor, sticker mobil, sticker dinding hingga sticker kaos. file yang telah disiapkan harus dilengkapi dengan garis outline sehingga desain tidak mengalami salah potong.

Hal yang perlu digarisbawahi juga dari cutting sticker adalah jumlah warna. Faktor jumlah warna yang digunakan akan menentukan berapa lama proses pengerjannya. Jika di dalam cutting sticker terdapar 3 warna, berarti waktu pengerjaannya dikalikan 3.

Sticker hasil cutting sticker juga merupakan jenis sticker yang contour cut yang artinya bentuk atau desain sticker adalah bentuk potongan dari sticker itu sendiri, sehingga lebih fleksibel untuk diaplikasikan ke berbagai media.


Mesin print-cut sticker

Mesin yang digunakan dalam pembuatan print to cut sticker atau print-cut sticker. Setelah mencetak desain yang Anda inginkan, biasanya proses dilanjutkan dengan memotong bagian yang ingin dipotong hingga desain yang Anda inginkan akan tercapai.

Selain dilengkapi dengan knife holder, mesin ini juga memiliki head tinta lengkap dengan cartridge dan tabungnya. Cartridge dan tabung ini nantinya akan diisi oleh tinta solvent karena jenis tinta ini memberikan hasil yang awet dan kuat.

Mesin printing sticker atau print-cut sticker dapat menggunakan warna gradasi karena pada dasarnya print-cut sticker adalah sticker cetak yang dipotong. Untuk menjaga warna sticker agar lebih awet, biasanya sticker yang dicetak akan diberikan laminasi atau finishing agar terlindungi.

logo_quickprint_3.png

Jam Operasional

Alamat

Hubungi Kami

Senin - Kamis

Jumat

Telepon

WhatsApp

E-mail

Jalan Srengseng Raya No 58,

Srengseng, Kembangan

Jakarta Barat. 11630.

09.00 - 18.00

09.00 - 18.30

+62 21-585-0808

+62 877-9875-2775

online@quickprint.co.id

  • Black Facebook Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black Google Places Icon

©2016 by Quickprint Indonesia. All images and designs are owned by PT. Quickprint Indonesia and not allowed to be used by any third party without written consent from PT. Quickprint Indonesia