Dampak Percetakan Kepada Lingkungan

Keberlangsungan atau sustainability adalah masalah yang vital di seluruh industri. Semakin banyak konsumen yang paham terhadap dampak lingkungan, banyak brand mulai menggabungkan tujuan komersial mereka dengan praktik yang lebih 'hijau'. Faktanya, banyak bisnis kini menganggap aspek sustainability sebagai bagian utama dari unique selling proposition atau penawaran yang unik


Quickprint Blog: Ilustrasi Kertas

Kebutuhan komersial untuk 'go green' adalah sesuatu yang darurat. Untuk beberapa aspek, ini menjadi berita yang menyenangkan. Aspek negatifnya adalah bahwa informasi yang salah dan desas-desus dapat menyebar dengan cepat karena tren 'go green' dianggap populer.

Contohnya, dalam beberapa tahun terakhir banyak tempat kerja mulai menggalakkan gerakan tanpa kertas untuk menjadi lebih ramah lingkungan. Padahal kenyataannya, kertas di tahun 2019 adalah salah satu produk paling sustainable di dunia.


Melewati mitos tentang kertas

Reputasi kertas yang bermasalah kerap didasari oleh asumsi salah seperti contohnya penebangan hutan. Berbanding terbalik dengan opini yang populer, produksi kertas sebenarnya tidak merusak hutan. Seperti industri lain, kertas dan percetakan harus beradaptasi dengan pertimbangan yang terus berkembang dan menjadi lebih efisien dan teruji untuk masa depan pada prosesnya.

Permintaan untuk materi yang sustainable berarti bahwa kertas yang bisa dilacak asalnya adalah sebuah praktik yang standar. Kertas bukan alasan utama hutan yang gundul seperti rumor yang beredar selama ini. Namun justru, perkebunan, pertambangan dan perkembangan properti adalah ancaman utama dari habitat di hutan.


Kertas yang serbaguna

Salah satu cara terbaik untuk menghadapi perubahan iklim adalah dengan menggunakan lebih banyak kayu, bukan sebaliknya. Kayu adalah materi paling berlimpah dan mudah didaur ulang yang ada di muka bumi.

Misalnya, kertas dan kardus adalah materi yang bisa didaur ulang. Pada saat yang bersamaan, kedua materi ini sangat efisien dan biodegradable. mulai dari pohon, ke kertas, hingga daur ulang dan pada akhirnya tempat sampah, siklus hidup sebuah kertas adalah yang paling ramah lingkungan, yang diciptakan oleh manusia.


Kertas yang bisa dimakan

Beberapa brand sudah melakukan pendekatan untuk menjadi lebih ramah lingkungan dengan melakukan hal yang kreatif. Salah satunya kini banyak perusahaan yang bergerak di bidang makanan menggunakan kertas kemasan yang bisa dimakan.


Seperti banyak industri lainnya, industri percetakan juga melakukan banyak revolusi guna menghadapi tantangan zaman, seperti yang dilakukan oleh Quickprint Indonesia yang menyediakan banyak materi promosi untuk kebutuhan Anda. Hubungi customer service kami untuk mengetahui materi promosi apa saja yang tersedia.

176 tampilan
logo_quickprint_3.png

Jam Operasional

Alamat

Hubungi Kami

Senin - Kamis

Jumat

Telepon

WhatsApp

E-mail

Jalan Srengseng Raya No 58,

Srengseng, Kembangan

Jakarta Barat. 11630.

09.00 - 18.00

09.00 - 18.30

+62 21-585-0808

+62 877-9875-2775

online@quickprint.co.id

  • Black Facebook Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black Google Places Icon

©2016 by Quickprint Indonesia. All images and designs are owned by PT. Quickprint Indonesia and not allowed to be used by any third party without written consent from PT. Quickprint Indonesia