Desain Cardboard Flute yang Perlu Anda Ketahui

Seperti sticker yang memiliki vinyl sticker dan paper sticker, cardboard atau kardus juga memiliki banyak perbedaan. Ketika berbicara tentang cardboard, maka kebanyakan dari kita tidak terlalu membuat banyak pertimbangan kepada elemen desainnya. Padahal, banyak bagian dari desain cardboard yang layak dibahas, salah satu bagian dari desain tersebut adalah flute atau galur, yang memegang peranan penting terhadap cardboard atau kardus di zaman sekarang.


Quickprint Blog: Tipe Cardboard berdasarkan flute/galur (sumber: Production Packaging)

Flute adalah istilah struktur berbentuk gelombang yang memberikan kekuatan tambahan kepada corrugated cardboard. Tujuan dari flute ini adalah meningkatkan daya tahan corrugated cardboard, terutama jika ditumpuk, untuk melindungi isi paket jika digunakan untuk packaging.


Flute memiliki banyak ukuran, yang terdiri dari ketebalan dan kekuatan yang biasanya akan menentukan apakah corrugated cardboard yang Anda layak menjadi kargo atau sekadar display. Untuk memberikan Anda pemahaman lebih lanjut, berikut beberapa perbedaan flute yang mesti Anda ketahui.


B-Flute

B-flute adalah pilihan populer untuk pemasaran karena tipe flute ini memiliki daya tahan terhadap tusukan dan benturan, selain tentunya permukaan yang cocok untuk segala jenis cetakan. Keuntungan lain dari b-flute adalah flute ini tidak memakan banyak tempat karena lapisannya yang tipis. Flute ini cocok untuk packaging barang-barang kecil, seperti makanan kaleng.


Quickprint Blog: Contoh display B-Flute (sumber: Product Packaging)

C-Flute

C-flute menjadi pilihan yang paling umum untuk cardboard yang kuat dan serbaguna, sehingga membuat flute yang satu ini menjadi pilihan ideal jika Anda ingin menumpuk barang, membuatnya menjadi pilihan utama untuk mengemas furnitur dan produk percah belah. Hampir 80% corrugated cardbard yang beredar menggunakan c-flute.


BC-Flute

Dikenal juga dengan nama twin cushion, kombinasi dari b dan c flute ini sangat ideal untuk pengiriman barang yang berat dan juga digunakan di bidang industri. Kombinasi antara b dan c flute meningkatkan daya tahan dari cardboard dengan ketebalan yang mencapai 9mm. Ini memberikan perlindungan lebih kepada barang di dalam packaging, selain tentunya membuat cardboard mudah untuk dibawa tanpa takut rusak.


Quickprint Blog: Contoh display E-Flute (sumber: Product Packaging)

E-flute

E-flute sangat cocok untuk printing atau pencetakan, karena memiliki permukaan yang sangat datar di antara ketiga flute yang telah disebutkan di atas. Karena desainnya yang tipis, e-flute sangat cocok untuk dibuat menjadi kotak kecil (seperti kotak take away makanan), selain juga cocok untuk kemasan kosmetik dan skincare.


Bukan hanya cocok sebagai kemasan, corrugated cardboard juga sangat cocok untuk menjadi materi POP display hingga booth pameran. Untuk memastikan bahwa corrugated cardboard Anda dipegang oleh tenaga profesional, hubungi Quickprint Indonesia, digital printing terbaik yang ada di Jakarta.

logo_quickprint_3.png

Jam Operasional

Alamat

Hubungi Kami

Senin - Kamis

Jumat

Telepon

WhatsApp

E-mail

Jalan Srengseng Raya No 58,

Srengseng, Kembangan

Jakarta Barat. 11630.

09.00 - 18.00

09.00 - 18.30

+62 21-585-0808

+62 877-9875-2775

online@quickprint.co.id

  • Black Facebook Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black Google Places Icon

©2016 by Quickprint Indonesia. All images and designs are owned by PT. Quickprint Indonesia and not allowed to be used by any third party without written consent from PT. Quickprint Indonesia