Desain Selebaran yang Sempurna dengan Tips Ini

Jika Anda ingin membuat desain selebaran yang sempurna untuk bisnis Anda, maka Anda harus sadar bahwa ini bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Jika dibandingkan dengan materi pemasaran lain (seperti vinyl sticker, vinyl banner atau poster), desain selebaran terkadang bisa memakan banyak waktu tidak seperti materi pemasaran yang telah disinggung sebelumnya, ini karena, dalam beberapa kasus, selebaran bisa terdiri dari beberapa halaman.


Dan karena itulah, materi ini membutuhkan beberapa jenis desain di tiap halamannya. Selain dari kerja tambahan untuk membuat desain untuk beberapa halaman, Anda juga harus memikirkan keseluruhan tujuan dari desain Anda, target audiens, pesan yang ingin disampaikan hingga format apa yang paling sesuai.


Anatomi dari selebaran yang sempurna

Sebelum kita mulai diskusi tentang berbagai aspek berbeda dari desain selebaran yang berhasil, sangat penting untuk memahami anatomi dari selebaran yang sempurna.

Walaupun setiap desain selebaran memiliki perbedaan yang cukup jauh, tapi formula yang digunakan sama dengan pendekatan pemasaran lainnya yaitu Attention, Interest, Desire dan Action. Jika Anda sudah menguasai keempat aspek ini, maka saatnya Anda menuju ke hal yang lebih detil.



Quickprint Blog: Brosur JDID #kopimembawakebaikan

Menentukan tujuan dan pesan Anda

Hal yang pertama Anda perlu lakukan adalah menentukan apa tujuan atau target dari selebaran Anda. Cara terbaik untuk menentukan ini adalah dengan memberikan pertanyaan kepada diri Anda sendiri "apa yang saya inginkan selebaran saya capai?"

Ada banyak jawaban berbeda untuk menjawab pertanyaan ini dan jelas, jawaban Anda akan sangat tergantung kepada keadaan yang Anda alami. Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan di atas adalah dengan melengkapi kalimat ini: "saya ingin selebaran saya untuk...."


Seperti contoh, selebaran dari perusahaan bernama the Weight Watchers sangat jelas menginformasikan audiens tentang sebuah produk spesifik (contohnya, Weight Watchers Core Plan). Oleh sebab itu, Anda mungkin ingin melengkapi kalimat di atas sebagai berikut: Saya ingin selebaran saya untuk memberikan informasi kepada konsumen potensial mengenai Core Plan dan apa manfaat yang akan diberikannya.


Tentunya, Anda tidak dibatasi untuk hanya memberikan satu tujuan saja. Faktanya, Anda bisa memiliki beragam tujuan. Contohnya, jika Anda ingin memberikan informasi kepada konsumen potensial atau klien tentang produk, Anda tentu juga ingin mereka mengunjungi laman web atau melakukan suatu hal setelah membaca informasi yang diberikan. Tapi satu hal yang perlu Anda catat adalah tujuan Anda jangan lebih dari tiga, karena ini akan memengaruhi desain Anda yang nantinya akan membingungkan.


Quickprint Blog: Brosur atau Selebaran Usaha Bisnis (sumber: Fast Print)

Identifikasi target audiens dari selebaran Anda

Mengidentifikasi target audiens dari selebaran Anda adalah langkah besar lainnya yang harus Anda ambil, untuk memastikan kesuksesan dari selebaran Anda. Dengan menentukan target audiens lebih dulu, Anda bisa memastikan elemen visual dari desain Anda akan menarik perhatian audiens tersebut.

Contohnya, terlihat jelas desain selebaran di atas ("we do serious business") ditujukan untuk menarik perhatian audiens korporat. Ini terlihat jelas dari pilihan warna, tipografi, gambar dan elemen visual lainnya yang hadir di desain. Jika target dari selebaran ini ditujukan untuk anak muda yang kekininian, maka kemungkinan besar selebaran ini tidak akan diterima.


Sementara selebaran di bawah ini, terlihat jelas bahwa perusahaan Volkswagen bertujuan untuk mengalakkan go green dan kepekaan terhadap lingkungan untuk audiens mereka. Audiens akan terpengaruh bukan dari pesannya saja, namun juga warna dan gambar yang digunakan di selebaran.


Quickprint Blog: Quickprint Blog: Brosur atau Selebaran Usaha Bisnis (sumber: Fast Print)

Dua tips di atas adalah permulaan dari trilogi artikel dari Quickprint Indonesia untuk membuat selebaran yang sempurna, itu kenapa Anda harus selalu update mengunjungi laman web kami. Jika Anda membutuhkan jasa digital printing yang bisa mencetak selebaran dalam waktu yang relatif singkat namun menampilkan visual kualitas terbaik, jangan ragu untuk menghubungi contact person kami.

logo_quickprint_3.png

Jam Operasional

Alamat

Hubungi Kami

Senin - Kamis

Jumat

Telepon

WhatsApp

E-mail

Jalan Srengseng Raya No 58,

Srengseng, Kembangan

Jakarta Barat. 11630.

09.00 - 18.00

09.00 - 18.30

+62 21-585-0808

+62 877-9875-2775

online@quickprint.co.id

  • Black Facebook Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black Google Places Icon

©2016 by Quickprint Indonesia. All images and designs are owned by PT. Quickprint Indonesia and not allowed to be used by any third party without written consent from PT. Quickprint Indonesia