Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Fakta tentang Adhesif

21 Dec 2018 Article

Jika Anda belum tahu, adhesif adalah kemampuan sebuah substansi atau materi untuk mengikat materi ke sebuah medium atau produk. Sederhananya, adhesif adalah kemampuan sehelai stiker untuk menempel pada permukaan sebuah media yang dituju.
 
Oleh karena itu, kemampuan adhesi ini sangat ditentukan oleh medium apa yang akan diaplikasikan. Nah, agar tidak salah langkah dalam memilih jenis bahan adhesif, pahami beberapa fakta tentang sifat adhesif yuk!
 
Fakta menarik tentang adhesif
· Adhesif tidak akan bisa diaplikasikan ke kotoran, debu, materi berminyak dan wadah yang tidak selesai.
· Ketika diaplikasikan ke permukaan yang basah, adhesif tidak akan bisa menempel kecuali permukaan kering dan kalaupun bisa, perlu ditekan lebih keras dan lebih lama.
· Ketika diaplikasikan ke permukaan yang telah dicat, pastikan bahwa tintanya telah kering sebelum materi adhesif diterapkan.
· Umumnya, pengaplikasian tidak boleh dilakukan jika permukaan lebih dingin dari 10 derajat Celsius atau area dengan kelembapan yang tinggi.
 

 
 
Tipe umum dari adhesif
· Acrylic, tipe permanen dari adhesif dengan dua tipe:
1. Sensitif terhadap tekanan, mulai dari tekanan rendah hingga sedang, kuat hingga suhu 93 derajat Celsius.
2. Aktivasi oleh tekanan, posisi yang bisa diubah, a squeegee secures the bond, kuat hingga 93 derajat Celsius.
· Karet, biasanya digunakan untuk decals yang bisa diubah, dan sangat disarankan untuk digunakan untuk 70 derajat Celsius. Adhesif jenis ini bisa diaplikasikan ke medium seperti karet, Teflon, silikon dan plastik.
· Thermoset/Elastomeric, untuk mengaplikasikan decal, larutkan atau panaskan tipe ini. Proses ini yang membuat Thermoset/Elastomeric adhesif yang unik.
 

 
Pertanyaan yang perlu dipertimbangkan tentang adhesif
1. Tipe permukaan? Apakah adhesif Anda akan diaplikasikan ke permukaan yang kasar, halus, berpori, terpaku, dicat atau permukaan yang tidak selesai?
2. Komposisi permukaan? Apakah permukaan yang digunakan termasuk kategori high energy seperti acrylic, PVC, polycarbonate, polyester dan low surface seperti polystyrene, polyethylene, polypropylene, tedlar dan teflon?
3. Berapa suhu yang dianjurkan? Seberapa panas/dingin temperatur dari permukaan yang ingin diaplikasikan?
4. Lingkungan seperti apa? Apakah nanti adhesif akan terpapar sinar luar ruangan, dalam ruangan, berkisar antara bahan kimia atau bahkan sinar UV?
 
Penjelasan menyeluruh tentang adhesif ini akan dipengaruhi oleh tiga hal, hasil cetak sticker, proses cutting sticker dan jasa digital printing yang mengelolanya. Ketiga karakter ini bisa Anda temukan di Quickprint Indonesia, digital printing terbaik yang ada di Jakarta.

TAGS : Fun Facts Sticker

Recent Articles
Banner, media promosi terbaik dengan harga bersahabat

04 Apr 2024

Stiker SandblastSolusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

Mannequin Stage

04 Mar 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

27 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

02 Feb 2024

15 Jan 2024

Mengenal Neon Box

Penggunaan neon box di depan tempat usaha sangat menguntungkan, terutama karena neon box memiliki berbagai bentuk unik dan lampu yang menarik perhatian, terutama pada malam hari.

02 Jan 2024

Mengenal Stiker Vinyl

Sebelum kamu mencetak stiker custom, yuk, kenali karakteristik bahan vinyl lebih dalam!

14 Dec 2023

Strategi pemasaran dengan POSM

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below