Fakta tentang Adhesif

Jika anda belum tahu, adhesif adalah kemampuan sebuah substansi atau materi untuk mengikat materi ke sebuah medium atau produk. Sederhananya, adhesif adalah kemampuan sehelai stiker untuk menempel pada permukaan sebuah media yang dituju.


Oleh karena itu, kemampuan adhesi ini sangat ditentukan oleh medium apa yang akan diaplikasikan. Nah, agar tidak salah langkah dalam memilih jenis bahan adhesif, pahami beberapa fakta tentang sifat adhesif yuk!


Quickprint Blog - Fakta tentang Adhesif

Fakta menarik tentang adhesif

· Adhesif tidak akan bisa diaplikasikan ke kotoran, debu, materi berminyak dan wadah yang tidak selesai.

· Ketika diaplikasikan ke permukaan yang basah, adhesif tidak akan bisa menempel kecuali permukaan kering dan kalaupun bisa, perlu ditekan lebih keras dan lebih lama.

· Ketika diaplikasikan ke permukaan yang telah dicat, pastikan bahwa tintanya telah kering sebelum materi adhesif diterapkan.

· Umumnya, pengaplikasian tidak boleh dilakukan jika permukaan lebih dingin dari 10 derajat celcius atau area dengan kelembapan yang tinggi.





Tipe umum dari adhesif

· Acrylic, tipe permanen dari adhesif dengan dua tipe:

1. Sensitif terhadap tekanan, mulai dari tekanan rendah hingga sedang, kuat hingga suhu 93 derajat celcius.

2. Aktivasi oleh tekanan, posisi yang bisa diubah, a squeegee secures the bond, kuat hingga 93 derajat celcius.

· Karet, biasanya digunakan untuk decals yang bisa diubah, dan sangat disarankan untuk digunakan untuk 70 derajat celcius. Adhesif jenis ini bisa daplikasikan ke medium seperti karet, tflon, silikon dan plastik.

· Thermoset/Elastromeric, untuk mengaplikasikan decal, larutkan atau panaskan tipe ini. Proses ini yang membuat Thermoset/Elastometric adhesif yang unik.




Quickprint Blog - Fakta tentang Adhesif

Pertanyaan yang perlu dipertimbangkan tentang adhseif

1. Tipe permukaan? Apakah adhesif anda akan diaplikasikan ke permukaan yang kasar, halus, berpori, terpaku, dicat atau permukaan yang tidak selesai?

2. Komposisi permukaan? Apakah permukaan yang digunakan termasuk kategori high energy seperti acrylic, pvc, polycarbonate, polyester dan low surface seperti polystyrene, polyethylene, polypropylene, tedlar dan teflon?

3. Berapa suhu yang dianjurkan? Seberapa panas/dingin temperatur dari permukaan yang ingin diaplikasikan?

4. Lingkungan seperti apa? Apakah nanti adhesif akan terpapar sinar luar ruangan, dalam ruangan, berkisar antara bahan kimia atau bahkan sinar UV?


Penjelasan menyeluruh tentang adhesif ini akan dipengaruhi oleh tiga hal, hasil cetak sticker, proses cutting sticker dan jasa digital printing yang mengelolanya. Ketiga karakter ini bisa anda temukan di Quickprint Indonesia, digital printing terbaik yang ada di Jakarta.

83 tampilan
logo_quickprint_3.png

Jam Operasional

Alamat

Hubungi Kami

Senin - Kamis

Jumat

Telepon

WhatsApp

E-mail

Jalan Srengseng Raya No 58,

Srengseng, Kembangan

Jakarta Barat. 11630.

09.00 - 18.00

09.00 - 18.30

+62 21-585-0808

+62 877-9875-2775

online@quickprint.co.id

  • Black Facebook Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black Google Places Icon

©2016 by Quickprint Indonesia. All images and designs are owned by PT. Quickprint Indonesia and not allowed to be used by any third party without written consent from PT. Quickprint Indonesia