Foamboard Display

Diperbarui: 18 Jul 2019


Quickprint Blog: Kotak Pensil dari Foamboard

Quickprint Blog: Contoh karya seni dari foamboard

Quickprint Blog: Foamboard Display/Human Standee

Quickprint Blog: Foamboard Display


Karakteristik Foamboard:


Ukuran:


Bahan/jenis: foamboard


Harga:


Apa itu foamboard?

Foamcore, foamboard atau paper-face foamboard adalah materi ringan dan mudah untuk dipotong yang biasa digunakan sebagai media cetak foto, sebagai latar pigura, untuk membuat model skala, di lukisan dan media promosi. Materi ini terdiri dari papan busa polystyrene dengan kertas di kedua sisinya, entah kertas clay-coated atau brown kraft.

Foamboard adalah sesuatu yang hampir semua orang familier tapi tidak mengetahui apa sebutannya. Materi ini memiliki banyak kegunaan dan biasanya Anda akan menemukannya di pameran atau ekshibisi untuk digunakan sebagai display besar lengkap dengan informasi yang menyertainya. Materi ini juga biasa digunakan oleh mahasiswa arsitektur untuk membuat model atau struktur gedung. Selain ringan, foamboard juga serbaguna, kuat dan mudah untuk dikerjakan, seperti contoh dari tempat pensil yang berbahan dasar foamboard ini.


Sejarah

Foamboard putih yang original dibuat dengan ketebalan 3mm dan 5mm untuk industri seni grafis dari Perusahaan Monsanto dengan nama dagang Fome-core di tahun 1957. Lalu, Monsanto menjual bisnisnya ke International Paper di tahun 1993, bisnis yang kini dikelola oleh 3AM Composites. Kini materi ini digunakan sebagai latar untuk pemasangan karya seni dan pigura gambar serta media promosi, dengan beberapa kualitas yang tersedia di berbagai jasa penyedia foamboard. Umumnya materi ini tidak bisa didaur ulang.


Karakteristik

  • Kuat seperti kardus atau cardboard

  • Ukuran yang paling umum adalah 1,2 x 2,4 meter

  • Ketebalan yang umum beredar di pasaran adalah 5 mm dan 10 mm

  • Warna: yang paling standar dan umum adalah warna putih

Konstruksi, variasi dan komposisi

Permukaan papan reguler, seperti tipe kertas lainnya, bersifat asam. Namun, untuk pigura karya seni dan kebutuhan pemasangan, foamboard bisa diproduksi dengan versi tanpa kadar asam sama sekali, dalam berbagai ukuran dan ketebalan.

Satu hal yang perlu Anda catat adalah foamcore atau foamboard tidak bisa menempel dengan baik kepada beberapa lem, seperti lem super, selain pada beberapa jenis tinta. Jika dipaksakan, maka foamboard bisa meleleh dan cair. Beberapa lem bisa bekerja dengan baik jika takarannya disesuaikan, namun, komposisi air di lem bisa membuat serat melengkung pada lapisan terluar. Hasil terbaik biasanya diperoleh dari tipe lem semprot. Senapan lem panas juga bisa digunakan sebagai pengganti, walaupun lem ini bisa memengaruhi hasil akhir seperti munculnya gelembung, lengkungan dan cacat yang tak terlihat.


Sementara foamboard self-adhesive, yang biasa digunakan untuk karya seni dan pemasangan dokumen juga tersedia, walaupun agak sedikit rumit untuk digunakan; ini karena lem menempel sangat cepat. Foamboard tipe ini relatif lebih murah daripada tipe foamboard polos dan foamboard yang disemprot dengan lem.


Penggunaan

Seperti yang telah disinggung di atas, foamboad atau foamcore biasa digunakan untuk model arsitektur, cetak biru obyek kecil dan memproduksi pola untuk pengecoran. Pemandangan untuk model display, diorama dan gim komputer biasanya dilakukan oleh para penggemar berat dengan menggunakan foamboard.

Foamboard juga biasa digunakan oleh para fotografer sebagai pemantul cahaya atau lampu, di industri desain untuk pemasangan produk baru dan juga di sebagai POP display di industri periklanan.

logo_quickprint_3.png

Jam Operasional

Alamat

Hubungi Kami

Senin - Kamis

Jumat

Telepon

WhatsApp

E-mail

Jalan Srengseng Raya No 58,

Srengseng, Kembangan

Jakarta Barat. 11630.

09.00 - 18.00

09.00 - 18.30

+62 21-585-0808

+62 877-9875-2775

online@quickprint.co.id

  • Black Facebook Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black Google Places Icon

©2016 by Quickprint Indonesia. All images and designs are owned by PT. Quickprint Indonesia and not allowed to be used by any third party without written consent from PT. Quickprint Indonesia