Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Kesalahan Umum pada Pencetakan

22 Mar 2019 Article

Setiap orang melakukan kesalahan. Bahkan orang yang paling teliti dan fokus di antara kita bisa kehilangan konsentrasi yang berdampak kepada eror dan terutama bila Anda memiliki bisnis, beberapa kesalahan kecil tersebut bisa membuat Anda kehilangan banyak uang. Bayangkan jika Anda memproduksi brosur baru lalu menyadari bahwa di dalamnya ada typo atau harga yang tidak sesuai.
 
Memang mudah untuk cuek terhadap sesuatu yang kecil yang pada akhirnya akan membuat hasil cetakan Anda tidak berguna, terutama jika Anda mendedikasikan waktu yang tidak sedikit baik dalam hitungan jam maupun hari. Namun, Anda bisa menghindari kesalahan umum pencetakan dengan melalui daftar pengecekan sebelum Anda menghubungi digital printing untuk mencetaknya.
Ini beberapa hal yang perlu Anda hindari agar tidak terjadi kesalahan dalam mencetak:
 
  • Cek ukuran dokumen dan area pencetakan
  • Cek area bleed
  • Pastikan bahwa hasil desain/artwork Anda berada pada mode warna CMYK
  • Cek resolusi gambar
  • Cek ulang tulisan, lalu baca kembali
Cek ukuran dokumen dan area pencetakan
Mungkin terkesan jelas, namun selalu cek ukuran dari halaman Anda sebelum berkonsultasi kepada digital printing yang jasanya Anda gunakan, juga pastikan agar teks dan grafis penting tidak terlalu dekat dengan tepi halaman.
 
Cek bleed Anda
Menyuplai artwork tanpa bleed yang sesuai adalah salah satu kesalahan pencetakan yang paling umum. Tiap gambar atau grafis yang merapat ke tepi harus mempunyai zona bleed yang nantinya akan dipotong. Selalu ada pergerakan kecil ketika desain Anda dicetak. Jika Anda tidak menyertakan tambahan 3mm di desain Anda alias zona bleed, maka akan Ada garis putih yang tersisa di hasil cetakan Anda.
 
Pastikan bahwa hasil desain Anda berada di mode warna CMYK
Warna di layar berada dalam mode RGB tapi hasil digital printing Anda harus disimpan dalam format CMYK. Kami bisa mengkonversi desain Anda menjadi warna CMYK namun akan lebih baik, untuk menghindari perbedaan warna yang signifikan, ketika Anda mendesain jangan lupa mengubah format warna menjadi mode CMYK.


 
Cek resolusi gambar
Setiap gambar dan foto harus memiliki ukuran 300 dpi. Gambar dengan resolusi kecil mungkin akan terlihat baik-baik saja di layar, namun sejujurnya ketika dicetak mereka akan pecah dan blur. Penting untuk selalu melihat artwork Anda dan mengecek tiap gambar yang ada menggunakan resolusi 300 dpi dan tidak perlu diperbesar ketika nanti dicetak.
 
Proofread segalanya, lalu baca ulang
Ingat bahwa hasil desain Anda akan sama persis dengan hasil cetak Anda, jadi pastikan Anda mengecek segalanya sebelum menghubungi jasa digital printing. Sangat mudah untuk melewati typo atau eror kecil di desain yang telah Anda kerjakan dalam periode waktu yang lama. Buat orang lain membacanya juga. Sepasang mata yang baru akan melihat dengan mudah apa yang Anda lewati dan beberapa menit ekstra untuk membaca konten desain sangat worth it untuk dicoba.
 
Gunakan jasa profesional
Di Quickprint Indonesia, pencetakan adalah bisnis dan passion kami. Kami sangat menyukai apa yang kami lakukan dan kami menginginkan semua konsumen mendapatkan pengalaman mencetak yang terbaik. Ditambah dengan pengalaman selama 8 tahun, maka kami sudah memenuhi kualifikasi untuk mencetak hasil desain Anda!

TAGS : fun facts digital printing tips

Recent Articles
Stiker SandblastSolusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

Mannequin Stage

04 Mar 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

27 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

02 Feb 2024

Mengenal Neon Box

15 Jan 2024

02 Jan 2024

Mengenal Stiker Vinyl

Sebelum kamu mencetak stiker custom, yuk, kenali karakteristik bahan vinyl lebih dalam!

14 Dec 2023

Strategi pemasaran dengan POSM

05 Dec 2023

Manfaat Branding Gedung

Branding pada sebuah gedung dapat menciptakan elemen visual yang lebih menonjol di antara bangunan sekitarnya

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below