Kesalahan Umum pada Pencetakan

Setiap orang melakukan kesalahan. Bahkan orang yang paling teliti dan fokus di antara kita bisa kehilangan konsentrasi yang berdampak kepada eror dan terutama bila Anda memiliki bisnis, beberapa kesalahan kecil tersebut bisa membuat Anda kehilangan banyak uang. Bayangkan jika Anda memproduksi brosur baru lalu menyadari bahwa di dalamnya ada typo atau harga yang tidak sesuai.


Quickprint Blog: Ilustrasi Proses Pencetakan

Memang mudah untuk cuek terhadap sesuatu yang kecil yang pada akhirnya akan membuat hasil cetakan Anda tidak berguna, terutama jika Anda mendedikasikan waktu yang tidak sedikit baik dalam hitungan jam maupun hari. Namun, Anda bisa menghindari kesalahan umum pencetakan dengan melalui daftar pengecekan sebelum Anda menghubungi digital printing untuk mencetaknya.

Ini beberapa hal yang perlu Anda hindari agar tidak terjadi kesalahan dalam mencetak:


  • Cek ukuran dokumen dan area pencetakan

  • Cek area bleed

  • Pastikan bahwa hasil desain/artwork Anda berada pada mode warna CMYK

  • Cek resolusi gambar

  • Cek ulang tulisan, lalu baca kembali

Cek ukuran dokumen dan area pencetakan

Mungkin terkesan jelas, namun selalu cek ukuran dari halaman Anda sebelum berkonsultasi kepada digital printing yang jasanya Anda gunakan, juga pastikan agar teks dan grafis penting tidak terlalu dekat dengan tepi halaman.


Cek bleed Anda

Menyuplai artwork tanpa bleed yang sesuai adalah salah satu kesalahan pencetakan yang paling umum. Tiap gambar atau grafis yang merapat ke tepi harus mempunyai zona bleed yang nantinya akan dipotong. Selalu ada pergerakan kecil ketika desain Anda dicetak. Jika Anda tidak menyertakan tambahan 3mm di desain Anda alias zona bleed, maka akan Ada garis putih yang tersisa di hasil cetakan Anda.


Quickprint Blog: Mesin Cetak Heidelberg

Pastikan bahwa hasil desain Anda berada di mode warna CMYK

Warna di layar berada dalam mode RGB tapi hasil digital printing Anda harus disimpan dalam format CMYK. Kami bisa mengkonversi desain Anda menjadi warna CMYK namun akan lebih baik, untuk menghindari perbedaan warna yang signifikan, ketika Anda mendesain jangan lupa mengubah format warna menjadi mode CMYK.


Cek resolusi gambar

Setiap gambar dan foto harus memiliki ukuran 300 dpi. Gambar dengan resolusi kecil mungkin akan terlihat baik-baik saja di layar, namun sejujurnya ketika dicetak mereka akan pecah dan blur. Penting untuk selalu melihat artwork Anda dan mengecek tiap gambar yang ada menggunakan resolusi 300 dpi dan tidak perlu diperbesar ketika nanti dicetak.


Proofread segalanya, lalu baca ulang

Ingat bahwa hasil desain Anda akan sama persis dengan hasil cetak Anda, jadi pastikan Anda mengecek segalanya sebelum menghubungi jasa digital printing. Sangat mudah untuk melewati typo atau eror kecil di desain yang telah Anda kerjakan dalam periode waktu yang lama. Buat orang lain membacanya juga. Sepasang mata yang baru akan melihat dengan mudah apa yang Anda lewati dan beberapa menit ekstra untuk membaca konten desain sangat worth it untuk dicoba.


Gunakan jasa profesional

Di Quickprint Indonesia, pencetakan adalah bisnis dan passion kami. Kami sangat menyukai apa yang kami lakukan dan kami menginginkan semua konsumen mendapatkan pengalaman mencetak yang terbaik. Ditambah dengan pengalaman selama 8 tahun, maka kami sudah memenuhi kualifikasi untuk mencetak hasil desain Anda!

logo_quickprint_3.png

Jam Operasional

Alamat

Hubungi Kami

Senin - Kamis

Jumat

Telepon

WhatsApp

E-mail

Jalan Srengseng Raya No 58,

Srengseng, Kembangan

Jakarta Barat. 11630.

09.00 - 18.00

09.00 - 18.30

+62 21-585-0808

+62 877-9875-2775

online@quickprint.co.id

  • Black Facebook Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black Google Places Icon

©2016 by Quickprint Indonesia. All images and designs are owned by PT. Quickprint Indonesia and not allowed to be used by any third party without written consent from PT. Quickprint Indonesia