Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Kiat Desain dan Cetak Sticker yang Sempurna

21 Jan 2019 Article

Jika Anda berpikir untuk mendesain dan cetak sticker untuk memasarkan bisnis atau untuk kebutuhan proyek personal, Anda akan menyadari bahwa ada banyak hal dari hanya sekadar desain yang perlu Anda pahami.
 
Ketika digunakan dan didesain secara sesuai, sticker bisa menjadi materi pemasaran yang brilian bagi nyaris semua bisnis. Kendalanya adalah, banyak orang tidak mempunyai clue untuk memulai ketika berbicara tentang mendesain sticker, dan dalam banyak kasus, bahkan desainer grafis yang mempunyai pengalaman yang banyak dalam mendesain sticker bisa mengacaukan proses desain.
 
Jika Anda berencana untuk desain dan cetak sticker demi kebutuhan pemasaran atau promosi, yang harus Anda garisbawahi adalah ini bukan hanya membuat sticker yang cantik, tapi ada beberapa hal yang harus Anda pahami. Mulai dari pesan apa yang ingin Anda sampaikan, copy sticker yang Anda tulis, ukuran dan bentuk, tipografi dan yang terakhir, proses pencetakan.
 
Kedengarannya memang rumit, namun Anda tidak perlu khawatir karena artikel ini akan memandu Anda melalui berbagai proses yang telah disebutkan di atas.



Tentukan ukuran dan bentuk
Sebelum memikirkan aspek lain tentang desain, sebaiknya Anda menentukan ukuran dan bentuk dari sticker terlebih dahulu. Di dalam beberapa kasus, bentuk dan ukuran akan sangat dipengaruhi oleh tujuan anda membuat sticker, dalam hal harga, misalnya.
 
Mungkin kebanyakan desain sticker yang sering ditemukan adalah persegi panjang atau kotak. Bentuk seperti itu merupakan yang paling hemat karena sticker persegi panjang dan kotak biasanya tidak membutuhkan proses die-cutting atau bentuk custom. Jika Anda menginginkan bentuk custom, maka pilihan yang paling bagus adalah dengan mencetak vinyl sticker. Dengan melakukan ini, anda bisa menarik perhatian dengan bentuk yang berbeda.
 



Buatlah sesuatu yang terang dan berwarna
Terlepas dari lokasi yang akan dipilih untuk menempel sticker, fungsi utama dari sticker itu sendiri adalah menarik perhatian orang lain, terutama jika Anda berencana untuk membuat sticker promosi yang merupakan bagian dari pemasaran.
 
Masalah utama dari sticker adalah biasanya materi promosi ini dilihat dari kejauhan. Jika misalnya, sticker Anda menempel di laptop orang lain, bumper mobil, tiang lampu, maka target audiens yang Anda tuju adalah orang yang melintas beberapa kaki atau beratus-ratus meter dari sticker Anda.
 
Karena alasan inilah, dalam beberapa kasus, Anda harus mendesain sticker dengan terang dan berwarna. Dengan menciptakan sticker yang penuh warrna, maka Anda bisa memastikan bahwa Anda mendapatkan perhatian dari target audiens Anda.



Gunakan tipografi yang jelas
Satu lagi aspek penting yang harus Anda fokuskan dalam mendesain sticker adalah jenis tipografi atau huruf yang Anda gunakan. Besar kemungkinan bahwa sticker Anda akan mengkomunikasikan suatu pesan, dan jika iya, Anda harus membuat pesan yang bisa dibaca oleh audiens Anda.
 
Jika Anda membuat materi promosi yang besar, akan sangat penting untuk menyertakan paragraf panjang, tapi dengan sticker ini bisa menjadi kesalahan besar, Tujuan dari sticker bukan memberikan kisah hidup kepada audiens Anda, tapi untuk membuat visibilitas merek selain untuk menarik perhatian. Itulah kenapa, Anda harus memastikan bahwa huruf yang digunakan tebal dan mudah dibaca, bahkan dari jarak yang jauh sekalipun.
 
Tiga tips desain di atas baru permulaan dari cara mendesain sticker yang sesuai, untuk mengetahui tips selanjutnya, stay tune di website Quickprint Indonesia.

TAGS : digital printing fun facts tips sticker

Recent Articles
Banner, media promosi terbaik dengan harga bersahabat

04 Apr 2024

Stiker SandblastSolusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

Mannequin Stage

04 Mar 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

27 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

02 Feb 2024

15 Jan 2024

Mengenal Neon Box

Penggunaan neon box di depan tempat usaha sangat menguntungkan, terutama karena neon box memiliki berbagai bentuk unik dan lampu yang menarik perhatian, terutama pada malam hari.

02 Jan 2024

Mengenal Stiker Vinyl

Sebelum kamu mencetak stiker custom, yuk, kenali karakteristik bahan vinyl lebih dalam!

14 Dec 2023

Strategi pemasaran dengan POSM

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below