Luster

Apa itu Kertas Luster?

Ketika berbicara tentang penyelesaian akhir atau finish di sebuah kertas, maka luster bisa dibilang menjadi salah satunya. Luster adalah salah satu pilihan penyelesaian akhir dari sebuah kertas, yang mirip dengan mutiara dari segi penampilan dan tekstur yang mirip dengan kain satin.


Luster finish juga relatif unik dan digunakan dalam skala kecil oleh berbagai pabrikan terutama dalam lingkungan profesional. Kertas luster memproduksi warna yang jelas dan detil tajam, juga memproduksi warna hitam dan putih yang kaya dan memiliki tone yang halus. Tentu saja, kualitas akan beragam tergantung dari pemasok dan kualitas kertas itu sendiri termasuk di dalamnya berat, bagaimana penerimaan kertas tersebut kepada lapisan baru dan juga aspek lainnya.


Source: Bay Photo Lab
Quickprint Blog: Contoh kertas luster

Kertas luster memiliki tingkat kilau yang rendah, jauh dari tingkat kilau yang dimiliki kertas glossy, juga tidak mempunyai kilau cahaya seperti pada kertas matte. Sehingga kertas ini sering dianggap sebagai ­semi-gloss finish. Berada di tengah-tengah antara glossy dan matte membuat kertas ini sering digunakan di dunia fotografi karena bisa dilihat dari berbagai sudut dan di bawah berbagai kondisi pencahayaan. Teksturnya yang lembut membuatnya tidak mudah meninggalkan jejak sidik jari, suatu hal yang wajar karena hasil cetakan pasti dipegang dengan tangan. Faktor inilah yang bisa membuat hasil cetakan panjang umur.


Kertas luster sendiri bukan kesukaan semua orang karena sifatnya yang lembut dan kategori yang masuk ke dalam kertas profesional, sehingga dianggap bahwa kertas ini bukan merupakan pilihan yang murah. Terlepas dari apapun itu, jika Anda menginginkan kertas yang memiliki tekstur sehalus kain satin maka luster adalah jawaban yang cocok buat Anda.


Memilih antara luster atau glossy

Baik glossy dan luster merupakan dari kertas fotografi inkjet. Kebanyakan kedua kertas ini dilapisi oleh resin atau biasa juga disebut dengan photobase.


Quickprint Blog: Perbedaam Luster dan Glossy

Pilihan Anda terkait kertas mana yang akan Anda gunakan pada akhirnya akan subyektif, tapi, luster memiliki beberapa keunggulan. Ini karena kertas luster sudah menjadi pilihan selama beberapa dekade untuk kebutuhan fotografi. Namun jika Anda menginginkan dampak visual yang lebih besar, maka pilihan populer seperti kertas glossy adalah jawaban Anda. Sementara jika Anda ingin penampilan yang lebih tradisional, mudah untuk dipegang dan permukaan yang halus, maka kertas luster adalah tipe yang harus Anda pilih.


Lapisan luster

Permukaan luster juga sering disebut dengan kain satin, mutiara atau semi-gloss. Istilah lain yang mengacu kepada luster di beberapa industri adalah E-surface. Tekstur lapisan ini memberikan dua fungsi penting:

  1. Memungkinkan kertas untuk tahan jika dipegang. Tekstur kertas ini menyembunyikan goresan kecil dan pemudaran.

  2. Memberikan kenyamanan kepada orang lain karena minimnya refleksi, sehingga memudahkan gambar atau desain yang tercetak bisa dilihat dari berbagai sudut.

354 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua