Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Luster

01 Feb 2019 Article

Apa itu Kertas Luster?
Ketika berbicara tentang penyelesaian akhir atau finish di sebuah kertas, maka luster bisa dibilang menjadi salah satunya. Luster adalah salah satu pilihan penyelesaian akhir dari sebuah kertas, yang mirip dengan mutiara dari segi penampilan dan tekstur yang mirip dengan kain satin.
 
Luster finish juga relatif unik dan digunakan dalam skala kecil oleh berbagai pabrikan terutama dalam lingkungan profesional. Kertas luster memproduksi warna yang jelas dan detil tajam, juga memproduksi warna hitam dan putih yang kaya dan memiliki tone yang halus. Tentu saja, kualitas akan beragam tergantung dari pemasok dan kualitas kertas itu sendiri termasuk di dalamnya berat, bagaimana penerimaan kertas tersebut kepada lapisan baru dan juga aspek lainnya.
 
Kertas luster memiliki tingkat kilau yang rendah, jauh dari tingkat kilau yang dimiliki kertas glossy, juga tidak mempunyai kilau cahaya seperti pada kertas matte. Sehingga kertas ini sering dianggap sebagai ­semi-gloss finish. Berada di tengah-tengah antara glossy dan matte membuat kertas ini sering digunakan di dunia fotografi karena bisa dilihat dari berbagai sudut dan di bawah berbagai kondisi pencahayaan. Teksturnya yang lembut membuatnya tidak mudah meninggalkan jejak sidik jari, suatu hal yang wajar karena hasil cetakan pasti dipegang dengan tangan. Faktor inilah yang bisa membuat hasil cetakan panjang umur.



Kertas luster sendiri bukan kesukaan semua orang karena sifatnya yang lembut dan kategori yang masuk ke dalam kertas profesional, sehingga dianggap bahwa kertas ini bukan merupakan pilihan yang murah. Terlepas dari apapun itu, jika Anda menginginkan kertas yang memiliki tekstur sehalus kain satin maka luster adalah jawaban yang cocok buat Anda.
 
Memilih antara luster atau glossy
Baik glossy dan luster merupakan dari kertas fotografi inkjet. Kebanyakan kedua kertas ini dilapisi oleh resin atau biasa juga disebut dengan photobase.


Pilihan Anda terkait kertas mana yang akan Anda gunakan pada akhirnya akan subyektif, tapi, luster memiliki beberapa keunggulan. Ini karena kertas luster sudah menjadi pilihan selama beberapa dekade untuk kebutuhan fotografi. Namun jika Anda menginginkan dampak visual yang lebih besar, maka pilihan populer seperti kertas glossy adalah jawaban Anda. Sementara jika Anda ingin penampilan yang lebih tradisional, mudah untuk dipegang dan permukaan yang halus, maka kertas luster adalah tipe yang harus Anda pilih.
 
Lapisan luster
Permukaan luster juga sering disebut dengan kain satin, mutiara atau semi-gloss. Istilah lain yang mengacu kepada luster di beberapa industri adalah E-surface. Tekstur lapisan ini memberikan dua fungsi penting:
  1. Memungkinkan kertas untuk tahan jika dipegang. Tekstur kertas ini menyembunyikan goresan kecil dan pemudaran.
  2. Memberikan kenyamanan kepada orang lain karena minimnya refleksi, sehingga memudahkan gambar atau desain yang tercetak bisa dilihat dari berbagai sudut.

TAGS : digital printing fun facts

Recent Articles
Stiker SandblastSolusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

Mannequin Stage

04 Mar 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

27 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

02 Feb 2024

Mengenal Neon Box

15 Jan 2024

02 Jan 2024

Mengenal Stiker Vinyl

Sebelum kamu mencetak stiker custom, yuk, kenali karakteristik bahan vinyl lebih dalam!

14 Dec 2023

Strategi pemasaran dengan POSM

05 Dec 2023

Manfaat Branding Gedung

Branding pada sebuah gedung dapat menciptakan elemen visual yang lebih menonjol di antara bangunan sekitarnya

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below