Memahami Poster Tipografi dalam 3 Langkah

Mendesain sebuah poster memerlukan dua pertimbangan utama: nilai estetika dan bagaimana Anda ingin menyampaikan pesan yang ada. Poster adalah karya seni dan iklan, visual dan teks, informasi dan emosi dan poster tipografi berada di antaranya.

Dengan banyaknya pertimbangan huruf yang bisa Anda pilih, maka mendesain poster tipografi bisa terkesan menakutkan. Ada lebih dari 455ribu huruf yang tersedia di internet.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh seorang desainer grafis untuk mewujudkan poster tipografi? Berikut beberapa tipsnya.


Source: Las Vegas Color
Quickprint Blog: Contoh Poster Tipografi

Jangan terlalu berlebihan memikirkannya

Jika Anda terlalu terlibat dalam memilih huruf, Anda akan berakhir menggali lubang sendiri tanpa hasil yang lebih baik, daripada jika Anda mengambil pendekatan yang lebih terstruktur. Huruf bisa menjadi sumber kebahagiaan dan menjadi tenaga kreatif tambahan untuk energi artistik Anda.

Namun, tetap pikirkan bahwa kemudahan membaca adalah salah satu fokus Anda dan jangan menutupnya dengan huruf yang aneh. Banyak desainer grafis menggunakan huruf Helvetica, karena sangat lazim digunakan. Namun, jika huruf lain bekerja dengan baik, maka Anda harus menggunakannya terlepas betapapun huruf tersebut populer digunakan.


Kreatif dengan poster tipografi, namun juga Anda harus berhati-hati.

Jika Anda baru dalam mendesain poster, ada panduan khusus yang telah teruji dalam beberapa tahun kebelakang, yang mungkin akan efektif untuk anda. Biasanya, hanya seniman dan desainer grafis yang pro yang melewati panduan ini, yaitu:

  • Huruf Sans-Serif biasanya cocok untuk poster, terutama bagian utama untuk judul dan header

  • Pastikan bahwa judul sesuai dengan panjang dan lebar dari poster Anda

  • Biarkan header Anda konsisten: gunakan huruf dan ukuran yang sama.


Untuk efek tambahan, kombinasikan huruf Anda

Anda bisa menggarisbawahi bagian penting dari pesan yang ada dengan menggabungkan beberapa pilihan tipografi. Pilih desain yang kontras untuk membuat sesuatu berbeda, atau pilih sesuatu yang berbeda untuk menghindari detil yang membosankan di poster Anda.

Faktanya, jarang poster yang tidak menggunakan huruf kombinasi. Malah sering, menggunakan kombinasi huruf justru akan meningkatkan kemudahan bagi Anda dalam menyampaikan pesan.


Kesimpulan

Jika Anda menemukan kombinasi yang pas dari huruf untuk poster tipografi Anda, jangan takut untuk menggunakannya lagi. Banyak orang yang melihat poster Anda bukan tenaga ahli tipografi, sehingga selama poster Anda mudah dibaca, maka Anda telah melakukan tugas dengan baik.

Quickprint Indonesia siap untuk mencetak poster Anda! Hubungi kami sekarang untuk berkonsultasi tentang poster tipografi yang Anda inginkan.

250 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua