Prinsip Desain Bagian Kedua

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas 5 dari 10 prinsip desain yang perlu Anda ketahui. Untuk secara maksimal memandu Anda, terutama para pemula, agar tetap berada pada jalur desain yang sesuai, berikut 5 prinsip desain tambahan yang akan berguna bagi Anda agar untuk mendesain proyek selanjutnya.


Source: Medium
Quickprint Blog: Contoh Kontras

Kontras

Kontras terjadi ketika ada perbedaan antara dua elemen desain yang berlawanan. Bentuk kontras yang paling umum adalah gelap versus terang, kontemporer versus kuno, besar versus kecil, dll. Kontras akan memandu para audiens kepada elemen kunci, memastikan tiap sisi mudah dibaca.



Quickprint Blog: Warna pada Desain

Warna

Warna adalah dasar desain yang paling penting dan mendikte keseluruhan mood dari desain. Warna yang Anda pilih akan mewakilkan brand Anda dan tone warnanya, jadi berhati-hati dengan palet warna yang Anda pilih. Sebagai seorang desainer grafis, akan membantu untuk mempunyai pengetahuan dasar tentang teori warna, contohnya, emas dan bayangan hitam akan menciptakan kesan kemewahan, warna terang merupakan sinyal kebahagiaan dan biru menciptakan perasaan tenang. Palet warna bisa juga digunakan untuk menghasilkan kontras atau bahkan melengkapi elemen yang ada.


Source: Medium
Quickprint Blog: Contoh Ruang Negatif

Ruang negatif

Kita telah berdiskusi tentang pentingnya warna, gambar dan bentuk, tapi bagaimana dengan ruang yang kosong? Ruang tersebut disebut ruang negatif atau negative space, yang secara sederhana berarti area di antara atau sekeliling elemen. Jika digunakan secara kreatif, ruang negatif bisa membantu Anda menciptakan bentuk dan menonjolkan komponen penting dari desain Anda.


Source: Medium
Quickprint Blog: Contoh Tipografi

Tipografi

Tipografi merupakan salah satu pilar kunci dari desain, dan tipografi berbicara banyak tentang brand atau karya seni ketika dieksekusi atau bahkan di­-custom. Terkadang, 'huruf' adalah yang Anda butuhkan untuk menampilkan konsep desain Anda.


Source: Medium
Quickprint Blog: Peraturan

Peraturan

Setelah Anda menjadi desainer grafis yang mahir dan memahami fondasi dari desain, maka kini saatnya Anda mengubah beberapa peraturan tersebut, namun bukan dengan menggunakan gambar yang pecah atau huruf yang tidak mudah dibaca. Ingat, apapun yang Anda pilih untuk berkomunikasi, tidak boleh dikompromikan.


Meskipun prinsip di atas mengharuskan beberapa dari Anda untuk lebih jeli dan memperkirakan desain yang baru, mereka adalah prinsip kunci yang akan berguna jika Anda menginginkan membuat brand yang memiliki visual dan konten yang kuat.

23 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua