Tahapan untuk Konferensi atau Trade Show yang Efektif

Trade show atau konferensi adalah cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness atau menarik perhatian dari konsumen atau prospek baru Anda. Setelah Anda memutuskan untuk membuat acara, menghadiri konferensi atau trade show, maka keberhasilan Anda bergantung kepada perencanaan yang sesuai di tiap tahapnya, termasuk sebelum acara, selama acara dan sesudah acara. Mari lihat lebih jauh tentang bagaimana memfokuskan pemasaran Anda untuk memastikan acara berjalan dengan baik.


Quickprint Blog: Ilustrasi Melakukan Perencanaan

Tiga tahap perencanaan penting untuk memastikan acara berjalan sukses

Ketika acara sudah mendekat, maka sudah saatnya untuk membuat rencana detil untuk membantu Anda mendapatkan keuntungan dari investasi yang telah Anda lakukan. Tentukan anggaran Anda, pesan tempat acara dan buat daftar apa yang Anda inginkan dari acara Anda.


Perencanaan sebelum acara

Membuat perencanaan adalah kunci utama dari kesuksesan sebuah acara. Sesaat setelah Anda menentukan hari, waktu dan tempat, maka hal selanjutnya adalah menentukan cara untuk menarik perhatian konsumen dan prospek Anda. Beberapa di antaranya adalah:

  • Bagikan Acara lewat media sosial, lama web, poster, pamflet konferensi atau brosur trade show.

  • Pastikan bahwa brand Anda tampil dengan display yang efektif termasuk, pull-up banners, vinyl banner, media walls hingga directional signage.

  • Sertakan hadiah brand seperti kalender, pena, cangkir dan hadiah lainnya untuk membuat orang terlibat sepanjang hari dan menjamin Anda tetap ada di benak mereka hingga selesai.

  • Latih karyawan Anda untuk mengetahui pesan kunci agar memastikan tingkat jasa yang Anda tawarkan konsisten.

  • Siapkan tag nama, kartu nama atau beberapa alat identifikasi lainnya.

Selama acara

Anda ingin memastikan bahwa target audiens Anda tetap terlibat selama acara. Rencanakan aktivitas yang bisa menjangkau pengunjung dan mengajak mereka berinteraksi sehingga mereka tetap bertahan.

  • Sertakan demo produk secara langsung

  • Memiliki berbagai materi promosi dalam jumlah banyak serta giveaways

  • Ciptakan door prize saat acara

  • Tingkatkan daftar kontak Anda dengan menaruh mangkuk sebagai tempat menaruh kartu nama.

Setelah acara

Pekerjaan tidak usai saat acara selesai. Sangat penting untuk follow-up dengan konsumen atau prospek Anda memastikan Anda mendapatkan penjualan dan kontak.

  • Berikan update setelah acara lewat media sosial untuk memastikan momentum tetap terjaga setelah acara Anda berhasil.

  • Perbaharui daftar kontak Anda dan hubungi prospek baru setelah kartu nama ada di genggaman Anda.

  • Anda juga bisa follow-up lewat email

  • Siapkan dan kirimkan informasi perusahaan

  • Umumkan pemenang dari kompetisi sebelumnya dan bangun hubungan dengan para konsumen potensial

  • Ciptakan post-event yang eksklusif kepada konsumen atau pengunjung yang datang ke acara Anda.

Tahapan ini terkesan sederhana namun jika Anda tidak disiplin melakukannya, maka impian trade show atau konferensi yang sempurna tidak akan tercapai. Untuk menjamin segalanya berjalan lancar, Anda bisa menghubungi Quickprint Indonesia yang akan membantu Anda mulai dari pembuatan trade show booth hingga materi promosi lainnya.

logo_quickprint_3.png

Jam Operasional

Alamat

Hubungi Kami

Senin - Kamis

Jumat

Telepon

WhatsApp

E-mail

Jalan Srengseng Raya No 58,

Srengseng, Kembangan

Jakarta Barat. 11630.

09.00 - 18.00

09.00 - 18.30

+62 21-585-0808

+62 877-9875-2775

online@quickprint.co.id

  • Black Facebook Icon
  • Black Instagram Icon
  • Black Google Places Icon

©2016 by Quickprint Indonesia. All images and designs are owned by PT. Quickprint Indonesia and not allowed to be used by any third party without written consent from PT. Quickprint Indonesia