Member Area

Services

Projects

Blog

Company

Social Media
©2024 Quickprint. All Right Reserved.

Blog

Update your knowledge with the latest information about digital printing industry.

Tips Penting untuk Branding

29 Apr 2019 Article

Pada artikel sebelumnya, kami telah 'membekali' Anda dengan persiapan yang bisa Anda lakukan untuk melakukan branding. Hal seperti mengetahui persona audiens Anda, visi Anda di masa depan, serta sejarah brand Anda adalah 3 hal yang harus Anda pahami sebagai titik awal dalam melakukan branding. Untuk melakukan branding itu sendiri, berikut beberapa tips yang harus Anda lakukan.
 
Tujuan atau janji brand
Setiap brand memiliki janji, entah serius atau tidak. Contohnya, McDonald's berjanji untuk mengirim makanan mereka dengan cepat kepada konsumen. Sementara Harley Davidson berjanji untuk memberikan pengalaman menegangkan dan berkesan di jalan terbuka. Mengetahui janji brand Anda sangat penting. Namun, di dunia ketika loyalitas konsumen terbatas, Anda membutuhkan bukan hanya janji, namun juga tujuan.



Janji brand Anda akan membantu Anda menjawab atau menentukan hal penting seperti posisi brand Anda di mata masyarakat. Namun, Anda juga harus mengetahui tujuan kenapa bisnis Anda ada. Contohnya, ketika hampir semua perusahaan ingin menghasilkan uang, brand terbaik justru melewati konsep untuk meraih sesuatu yang luar biasa. Seperti pernyataan IKEA di atas.
Dengan memperjelas tujuan mereka "untuk menciptakan hidup sehari-hari yang lebih baik" IKEA memberikan kedalaman dan arti yang lebih baik kepada janji brand mereka daripada sekadar menawarkan produk lain.
 
Posisi brand
Ada banyak perusahaan yang tersebar di seluruh dunia, semuanya berjuang untuk menjadi yang terdepan. Berkat dunia digital dan standar 'rendah' dari dunia entrepreuner, organisasi kini menghadapi lebih banyak kompetisi dari zaman dulu. Jika Anda ingin membuat orang duduk dan mengenali bisnis Anda, melakukan sebuah hal yang unik adalah keharusan. Hal unik tersebut adalah dengan menentukan brand positioning.



Sebagai salah satu kebutuhan penting brand dalam strategi bisnis manapun, brand positioning adalah tentang meningkatkan organisasi Anda sampai tahap orang tergerak untuk mengetahui lebih lanjut. Ini semua tentang mencari tempat Anda di dunia, bersama dengan bisnis lain dalam ceruk. Untuk melakukan brand positioning, Anda harus:
 
Tampil beda
Sulit untuk meyakinkan orang untuk menjadi pengikut setia ketika Anda tidak memiliki sesuatu yang unik. Dengan modal ini, penting untuk mempunyai sesuatu yang membedakan Anda dari para kompetitor. Ini bisa dengan kepribadian inspiratif yang secara otomatis akan melibatkan taget audiens Anda, atau pengalaman jasa kepada konsumen yang fantastis. Apapun yang Anda butuhkan, cari cara agar Anda tidak "berbaur" dengan yang lain.



Lebih fokus
Sekarang, orang tidak menginginkan perusahaan umum yang mengeklaim untuk melakukan segalanya dan apa saja. Meskipun itu mungkin baik untuk supermarket, jika Anda memiliki masalah, Anda pasti berpaling kepada spesialis. Semakin Anda bisa menunjukkan bahwa Anda memiliki keahlian di ceruk khusus, Anda akan semakin terkenal. Tentu, ini berarti bahwa Anda harus mengerucutkan fokus kepada audiens yang akan tertarik kepada bisnis Anda.
 
Ambil sikap
Terakhir, bisnis terbaik saat ini bukan hanya tentang keuntungan, nomor dan margin penjualan. Perusahaan yang paling berhasil adalah yang mampu menginspirasi. Cari tahu apa yang paling disukai oleh target audiens Anda dan bangun brand Anda di sekeliling nilai tersebut. Mengambil sikap berarti bahwa Anda ingin memberikan sesuatu kepada konsumen yang layak ditinggalkan.
 
Citra brand
Sering, ketika orang ditanya untuk membayangkan atau mengidentifikasi sebuah brand, hal pertama yang mereka pikirkan adalah citra brand. Pada akhirnya, apa yang lebih ikonik dari kaleng Coca-Cola merah terang? Atau lengkungan emas dari logo McDonalds?
Tentu, brand Anda lebih dari sekadar wajah cantik. Branding melebihi visual, mencakup pengalaman emosional yang bisa Anda sampaikan kepada konsumen. Adalah cerita yang akan membangun koneksi dengan audiens Anda. Tentu, untuk menceritakan dengan baik, Anda membutuhkan beberapa ilustrasi.
Ini adalah beberapa aspek penting brand untuk menciptakan citra brand yang baik.



Logo
Ada beberapa hal yang lebih fundamental dari daftar aspek penting branding daripada logo Anda. Logo Anda adalah merek dagang visual yang mengidentifikasi perusahaan Anda.
Dalam situasi tertentu, logo bisa menjadi simbol status sosial. Pikirkan bagaimana banyak orang rasakan ketika mengendarai mobil Porsche atau arloji Rolex. Logo yang Anda pilih bukan hanya mengidentifikasi perusahaan Anda, namun juga kulminasi dari segala hal tentang brand Anda.
 
Tipografi
Hal lain dari strategi branding yang penting untuk visual adalah tipografi. Seperti logo atau bentuk yang dipilih dengan hati-hati, huruf yang Anda pilih bisa mengubah cara orang melihat brand Anda. Huruf serif fonts bisa menyampaikan kesan profesionalisme, sementara sans-serif fonts modern, ramah dan tidak resmi.
Ingat, tipografi bukan hanya tentang pentingnya logo Anda. Pertimbangkan pilihan Anda secara hati-hati ketika mempublikasikan konten Anda di website, mengirim buletin atau materi promosi lainnya.
 
Palet warna
Warna adalah hal krusial lain dari citra brand. Manusia memiliki koneksi emosional mendalam dengan konsep warna. Warna biru dari logo bank Anda bisa membuat brand Anda terkesan aman, sementara putih di rumah sakit terasa steril dan bersih. Warna merah Coca-Cola bisa terkesan bergairah dan jelas, sementara ungu dari Cadbury terasa mewah dan megah.
 
Mengetahui aspek penting untuk branding bisa menjadi modal bagi Anda untuk membuat perencanaan untuk materi promosi yang akan Anda rilis dalam setahun kedepan. Untuk memastikan Anda tak salah langkah dalam memilih jasa pembuatan materi promosi, Quickprint Indonesia adalah digital printing yang bisa Anda percaya untuk menjadi bagian dari branding yang sukses di masa sekarang dan masa mendatang.

TAGS : fun facts tips branding tips desain DIY

Recent Articles
Banner, media promosi terbaik dengan harga bersahabat

04 Apr 2024

Stiker SandblastSolusi Praktis untuk Menjaga Privasi dan Estetika Ruangan

14 Mar 2024

Mannequin Stage

04 Mar 2024

Keunggulan Penggunaan Stiker Ritrama

27 Feb 2024

Pentingnya Branding dalam Bisnis

02 Feb 2024

15 Jan 2024

Mengenal Neon Box

Penggunaan neon box di depan tempat usaha sangat menguntungkan, terutama karena neon box memiliki berbagai bentuk unik dan lampu yang menarik perhatian, terutama pada malam hari.

02 Jan 2024

Mengenal Stiker Vinyl

Sebelum kamu mencetak stiker custom, yuk, kenali karakteristik bahan vinyl lebih dalam!

14 Dec 2023

Strategi pemasaran dengan POSM

Service Categories

Find your needs faster by choosing our services below