Tips Simpel Menggunakan Plywood

Diperbarui: 19 Jul 2019


Source: Remodel Holic
Quickprint Blog: Tipe Plywood

Source: Remodel Holic
Quickprint Blog: Metode Finishing Plywood 1


Source: Remodel Holic
Quickprint Blog: Metode Finishing Plywood 2



Karakter Plywood:


Ukuran:


Bahan/jenis: Plywood


Harga:


Seperti banyak materi lain, plywood memiliki keunggulan dan kekurangan, jadi Anda perlu tahu tips sederhana sebelum Anda memutuskan terjun dalam proyek plwood selanjutnya. Di bawah ini, terangkum beberapa tips dalam membuat plywood display terbaik, selain trik cara bekerja dengan plywood agar proyek Anda berhasil.


Plywood 101: tips plywood terbaik

Plywood bukan hanya menjadi 'obat' untuk berbagai proyek, tapi juga sangat serbaguna dan bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan, seperti bangku, rak hingga materi promosi seperti booth pameran. Selain itu, Anda bisa juga menggunakan plywood berukuran kecil untuk signage hingga dekorasi.


Berbelanja plywood: memahami tingkat plywood dan ketebalannya

Plywood hadir dalam ukuran standar 4 x 8 per lembar, namun beberapa toko juga menyediakan 4 x 4 untuk proyek yang lebih kecil. Lembar plywood juga hadir dalam berbagai ketebalan, beberapa di antaranya adalah seperti gambar di bawah ini.


Memotong plywood: tips untuk mendapatkan potongan yang bersih

Sebelum Anda mengeluh karena tidak mempunyai gergaji, ada kabar baik yaitu Anda tidak membutuhkan gergaji karena Anda bisa meminta plywood untuk dipotong saat membeli. Tapi jika Anda membutuhkan banyak potongan yang spesifik, maka Anda bisa memotong dengan gergaji bulat atau gergaji meja. Dengan kedua alat ini, Anda bisa mendapatkan potongan yang sesuai. Gergaji meja bisa menghemat waktu, sementara gergaji bulat bisa mempermudah pekerjaan Anda.


Finishing untuk plywood

Bagian terbuka dari plywood akan terlihat bagus jika Anda menggunakan finishing yang tepat. Ada 3 cara untuk memberikan sentuhan akhir pada plywood, yaitu:


Metode finishing 1: Anda bisa menggunakan setrika pada sisi yang Anda inginkan, setelah disetrika, Anda bisa menghaluskan dengan pisau biasa atau bahkan pisau cukur.


Metode finishing 2: Tambahkan kayu solid di sisi. Anda bisa menyertakan kayu utuh dan sambungkan menggunakan lem. Kayu utuh di samping memungkinkan Anda untuk mempunyai tampilan yang menarik dan berbeda.


Metode finishing 3: Jika Anda menggunakan plywood untuk dilukis, Anda bisa mengisi kekosongan dengan berbagai materi joint compound. Biarkan kering, lalu haluskan dan tahapan terakhir adalah dilukis.


Jika Anda tidak ingin melalui fase di atas, Quickprint Indonesia dengan senang hati membantu Anda untuk menciptakan plywood display yang sesuai dengan impian yang Anda inginkan.

215 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua